60 Quranic Practical Ayats – 1


English: A Qur'anic manuscript on parchment. T...
A Qur’anic manuscript on parchment. The text is written in the early Kufic script. Part of verse 94, verses 95 and 96, part of verse 97 (Surah al-Ma’idah). The ayat (verses) are written continuously without separation or decorative devices. Location: Beit al-Qur’an, Manama, Bahrain. (Photo credit: Wikipedia)

Some of the lessons learned from Qur’an that apply to our general living; Quranic Ayat’s which helps in our every way of life.

Beberapa pelajaran dari Al-Qur’an yang membantu dalam praktek kehidupan sehari-hari kita.

Part I : 1-20

  1. Respect and honor all human beings irrespective of their religion, color, race, sex, language, status, property, birth, profession/job and so on [17/70 – Al-Qur’an, Suraa 17, Verse 70]  — Hormati semua manusia tanpa membedakan agama, warna kulit, ras, jenis kelamin, bahasa, status, kekayaan, ataupun pekerjaan mereka dan sebagainya. — “Dan sesungguhnya telah Kami (Allah) muliakan anak-anak Adam. Kami angkut mereka di daratan dan di lautan. Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan keistimewaan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.” (S.17- Al-Israa’ – ayat 70).
  2. Talk straight, to the point, without any ambiguity or deception [33/70] – Bicara terus  terang, jelas, tanpa kerancuan atau penipuan.“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah,  dan ucapkanlah perkataan yang benar.” (Surat Al-Ahzab (33), ayat 70). 
  3. Choose best words to speak and say them in the best possible way [17/53, 2/83] – Pilihlah kata-kata yang terbaik untuk bicara dan mengucapkan dengan cara yang paling baik pula. — “Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku:’ Hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang lebih baik (benar). Sesungguhnya setan itu menimbulkan perselisihan di antara mereka.Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia. (Al-Israa’ (17) ayat 53). … Dan berbuat baiklah kepada ibu bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah solat dan tunaikan zakat… ” (Al-Baqarah (2), ayat 83).
  4. Do not shout. Speak politely keeping your voice low. [31/19] Jangan berteriak. Bicaralah santun dengan merendahkan suara. – “Dan bersikap sederhanalah kamu dalam berjalan, dan lunakkanlah suaramu.Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.” (S.Luqman (31), ayat 19).
  5. Always speak the truth. Shun words that are deceitful and ostentatious [22/30] – Selalu katakan yang benar. Hindari kata-kata dusta dan menipu.
  6. Do not confound truth with falsehood [2/42] – Jangan mencampurkan yang benar dengan yang salah (batil). – “Dan janganlah kamu campuradukkan yang hak dengan yang batil, dan jangan kamu sembunyikan yang hak itu, sedang kamu mengetahuinya.” (Al-Baqarah (2) – ayat 42).
    Section from verses 73 of Sura al-Ahzab
    Section from verses 73 of Sura al-Ahzab (Photo credit: Wikipedia)

     

  7. Say with your mouth what is in your heart [3/167]Katakan dengan mulutmu (sesuai) apa yang ada dalam hatimu. ” … Mereka mengatakan dengan mulut mereka apa yang tidak terkandung dalam hati mereka.Dan Allah lebih mengetahui apa yang mereka sembunyikan.” (S.Ali Imran (3),ayat 167).
  8. Speak in a civilized manner in a language that is recognized by the society and is commonly used [4/5]
  9. When you voice an opinion, be just, even if it is against a relative [6/152] – Jika engkau memberi pendapat, berlaku adillah, meski pun terhadap keluarga (karib kerabat) mu sendiri.“Dan janganlah kamu dekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih bermanfa’at (untuk si yatim) hingga sampai ia dewasa. Dan sempurnakanlah takaran dan timbangan dengan adil (jangan menipu). Kami (Allah) tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekadar kesanggupannya. Dan apabila kamu berkata, maka hendaklah kamu berlaku adil, kendatipun dia adalah kerabatmu., dan penuhilah janji Allah. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu ingat.” (S. Al-An’aam (6), ayat 152). 
  10. Do not be a bragging boaster [31/18] Jangan menjadi seorang yang arogan.“Dan janganlah kamu memalingkan wajahmu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi Allah dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (S. Luqman (31), ayat 18).
  11. Do not talk, listen or do anything vain [23/3, 28/55]
    English: Manuscript on vellum, written in sepi...
    Manuscript on vellum, written in sepia-coloured Hijazi script. An Early Qur’anic Manuscript (1st century Hegira). from the word tijarat in verse 282 to the words nasiynā aw in verse 286 of Sūrah al-Baqarah. Script: Hijazi. Location: The David Collection, Copenhagen. (Photo credit: Wikipedia)

     

  12. Do not participate in any paltry. If you pass near a futile play, then pass by with dignity [25/72]
  13. Do not verge upon any immodesty or lewdness whether surreptitious or overt [6/151].
  14. If, unintentionally, any misconduct occurs by you, then correct yourself expeditiously [3/134].
  15. Do not be contemptuous or arrogant with people [31/18]
  16. Do not walk haughtily or with conceit [17/37, 31/18]
  17. Be moderate in thy pace [31/19]
  18. Walk with humility and sedateness [25/63]
  19. Keep your gazes lowered devoid of any lecherous leers and salacious stares [24/30-31, 40/19].
  20. If you do not have complete knowledge about anything, better keep your mouth shut. You might think that speaking about something without full knowledge is a trivial matter. But it might have grave consequences [24/15-16]

— To be continued in part II.

15 thoughts on “60 Quranic Practical Ayats – 1

  1. Ini dia! Sekali mendayung, 2 – 3 pulau terlampaui (diingatkan sekaligus belajar menyampaikan kembali dalam bahasa Inggris; biasa, kalau membaca mengerti tetapi giliran harus berbicara biasanya terantuk-antuk). Nuhun pisan.

    Like

Silakan Beri Komentar