Doa agar Hajat Terkabul


Doa Harian agar Hajat Terkabul
Doa Harian agar Hajat Terkabul

Dari catatan ulama, berikut ini adalah doa singkat harian. Kalau sedang punya hajat, atau kebutuhan mendesak, dianjurkan untuk dibaca setiap hari selama sebulan.

Bila dilakukan dengan niat ikhlas dan yakin penuh (tawakkal) kepada Allah, maka insya-Allah segala hajat akan terkabul.

Sebelumnya jangan lupa baca solawat dulu 3 kali: Allahumma solliy ‘alaa Muhammad wa aali Muhammad.

اللهم صلي على محمد وآل محمد

 

Kemudian baca doa di bawah ini setiap hari, sebanyak 1000 (seribu) kali dalam sehari:

  • Ahad: Yaa Dzal Jalaali wal-Ikraam – Wahai Yang Maha Perkasa dan Pemilik Kemuliaan. ياذالجﻻل وﻹكرام 
  • Senin: Yaa qoodhiyal haajaat – Wahai Yang mengabulkan segala hajat. يا قاضي الحجات
Yaa Qaadhi-al- Haajaat
Yaa Qaadhi-al- Haajaat
  • Selasa: Yaa Arham-ar-raahimiien – Wahai yang Paling kasih dari segala Yang Kasih.  يا ارحم الراحمين
  • Rabu: Yaa hayyu yaa qoyyuum – Wahai yang hidup dan Yang berdiri sendiri. يا حي يا قيوم

 

  • Kamis: Laa ilaaha illa Allah – Tidak ada Tuhan kecuali Allah – ada yang menambahkannya dengan: “Al-Malik-ul-Haqq-ul – Mubiin”.  ﻻ إله إﻻ الله

 

Allahumma solliy 'alaa Muhammad wa Aali Muhammad
Allahumma solliy ‘alaa Muhammad wa Aali Muhammad

 

  • Jum’at: Allahumma solliy ‘alaa Muhammad wa aaali Muhammad (solawat). – Ya Allah, limpahkanlah solawat (salam sejahtera) kepada Muhammad dan keluarga Muhammad. اللهم صلي على محمد وآل محمد

 

Yaa Rab-al-Alamiin
Yaa Rab-al-Alamiin
  • Sabtu: Yaa Robbal ‘Aalamien – Wahai Pemelihara Alam Semesta. يا رب العالمين

 

 

Muhammad advancing on Mecca, with the angels G...
Lukisan ilustrasi Nabi Muhammad saw bersama para sahabat menuju Mekah, ditemani malaikat Jibril, Mikail, Izrafil dan Izrail. (Image dari Wikipedia).

253 thoughts on “Doa agar Hajat Terkabul

  1. Assalamu’alaikum
    Ustadz Mohon izin untuk mengamalkannya, mohon doanya supaya dimudahkan dalam niatan saya untuk meminang seseorang dan dilancarkan segala urusan di dalam pekerjaan, dan semoga semua itu membuat saya semakin tambah mendekatkan diri ini kepada Allah
    Semoga allah mengaruniakan keberkahan dalam hidup pak ustadz 🤲🏻

    Liked by 1 person

    1. Wa’alaikum salam wrwb.
      Semoga Allah mengabulkan doa Mas Slamet, dan sukses dalam urusan pekerjaan dan rumah tangga. [Saran saya mulai dan akhiri semua doa dengan membaca solawat pada Nabi saw dan keluarganya yang suci — “Allahumma solliy ‘alaa Sayidina Muhammad wa ‘alaa aali Sayidina Muhammad.”] Sehingga dengan berkat makhluk yang paling dicintai Allah, yakni kanjeng Nabi saw, maka hajat kita akan mustajab. Amiin Yaa Mujiib as-sailiin. Terima kasih juga untuk doa yang diulukkan bagi saya.

      Like

  2. Ustad.. saya baru menemukan tulisan ini, inshaAllah segera diamalkan agar niat saya utk berhaji tahun ini bisa terlaksana, Aminn..
    Mohon doanya Ustad

    Liked by 1 person

  3. Ass.Pak ustad mohon ijin utk amalan wiridnya.Buat kesembuhan teman2 yg lg di beri penyakit bisul di seluruh tubuh.N rencana mau sholat hajat berjamaah utk ksembuhan mereka.Wassalam…

    Like

    1. Wa’alaikum salam wrwb.
      Monggo, Silakan, Mas Priyono. Semoga Allah Sang Maha Penyembuh, Yang Maha Karim, memberikan kesembuhan segera bagi semua yg sakit; dan melimpahkan rakhmat dan kesehatan bagi kita semua. Amiiin Yaa Mujiib-as-Sailiin.

      Like

  4. Assalamu’alaikum, pa ustadz saya minta izin untuk mengamalkan wiridnya, sebelumnya sudah saya amalkan kurang lebih seminggu.

    Like

  5. assalamualaikum ustad, apakah sebelum mengamalkan doa harian ini harus niat dlu apa yg dihajatkan atau bagaimana? terima kasih. wassalam

    Liked by 1 person

    1. Wa’alaikum salam wr wb.
      Benar, sebaiknya sebelum mengamalkan doa — sebagaimana sebelum solat — sampaikan dulu niat kita. Cukup dalam hati, karena Allah SWT mengetahui segala gerak hati, selembut apa pun. Semoga Allah kabulkan hajat Mbak Fitria. Ilaahi Yaa Kariim, Amiin.

      Like

  6. Assalamualaikum pak ustadz Syafiq Basri saya mohon izin untuk mengamalkannya untuk hajat saya mendapat keturunan agar dipermudah dan dikabulkan oleh Allah SWT

    Like

    1. Wa’alaikum salam wr wb.
      Silakan mengamalkannya. Semoga Sang Maha Pencipta Allah Yang Maha Luas Karunia-Nya mengabulkan hajat Anda dan memberikan keturunan yang saleh dan salehah dalam waktu dekat.

      Like

  7. assalamualaikum ust.. saya mau bertanya tentang doa agar pasangan atau orang yang kita cinta bisa mencintai kita juga, dan agar pasangan tidak mendua.. terima kasih ustadz

    Like

    1. Wa’alaikum salam wr wb.
      Hamba Allah Yth,
      Salah satu doa yang berasal dari Al-Qur’an untuk pasangan atau keluarga yang banyak dipakai, misalnya, adalah yang berbunyi, “Robbanaa hablanaa min azwaajina wa dzurriyaatinaa qurrota a’yun, waj’alnaa lil muttaqiina Imaama.”

      [Arti persisnya mesti dilihat lagi di buku tafsir. Tapi secara sederhana, kurang lebih maknanya adalah sebagai berikut ini: ‘Gusti Robb kami, mohon jadikan pasangan-pasangan kami, dan keturunan kami sebagai ‘biji mata’ (atau ‘buah hati’/ kesenangan) kami, dan jadikan mereka sebagai pemimpin (atau pecinta) kaum bertaqwa’].

      Wallahua’lam (Hanya Allah saja Yang Paling Tahu).

      Like

  8. Assalamualaikum pak ustadz,saya mohon izin untuk mengamalkan nya dan mohon doa nya agar sy secepat nya d berikan keturunan.

    Like

    1. Wa’alaikum salam wr wb.
      Mbak Aningsih, monggo silakan mengamalkan doa tsb. Semoga berkat niat baik dan keikhlasan Anda, dan berkat Nabi (sollAllahu ‘alaihi wa aalihi wa sallam) dan keluarganya yang suci, maka Gusti Allah SWT Yang Maha Pemberi akan mengabulkan hajat Mbak Aningsih, diberikan keturunan yang baik, soleh dan salehah, lucu, ganteng (jika lelaki) atau cantik (kalau perempuan), dan membawa kebahagiaan bagi kedua orangtua mereka.

      Saran: jangan lupa munajatkan solawat kepada Nabi SAW (dan keluarganya yg suci) sebanyak mungkin setiap sebelum dan sesudah mengamalkan sebuah doa, dengan meniatkan dalam hati: “Ya Allah, berkat kesucian makhluk yang paling Engkau cintai, yang Engkau jadikan pemberi syafa’at bagi seluruh manusia dan jin, ayahnya Siti Fatimah al-Batuul, (yakni) Kanjeng Nabi Muhammad Rasulullah (SAW), mohon sudilah Engkau kabulkan hajat kami…”

      Like

    1. Wa’alaiki-s-salaam wr wb.
      Mbak Dewi, Doa itu dapat dibaca kapan saja pada hari yang bersangkutan. (Misal untuk Hari Jum’at membaca Solawat Nabi saw sebanyak seribu (1000) kali). Tapi banyak ulama menganjurkan, bahwa di antara waktu yang terbaik adalah saat sepertiga malam terakhir (setelah melaksanakan lewat solat tahajud).

      Namun perlu diingat, bahwa Islam itu mudah, dan kita dianjurkan selalu ingat pada Allah pada segala waktu. Nah, dzikir (doa) kepada Gusti Allah itu pun tetap dapat kita lakukan kapan pun.
      Semoga bermanfaat.

      Like

  9. Matur nuwun pak ustadz semoga doa pak ustadz diijabah Alloh swt dan pak Ustadz yang telah membimbing saya via blog ini dibalas Alloh dengan pahala yg melimpah selalu sehat dan panjang umur amin

    Like

  10. assalamualaikum ustadz saya Hj Sri wiludjeng atas ijin ustadz telah mengamalkan doa-2 supaya hajat terkabul dan sudah saya jalani selama 1,5 th sampai sekarang masih terus saya lamalkan dan alhamdulillah anak perempuan saya sudah hamil 8 bulan mohon doanya agar lancar dan selamat dalam lahiran insya Alloh bulan depan.Juga saya mohon ijin untuk menambah amalan tersebut dengan doa Al Baha” ,matur nuwun wassalamualaikum

    Like

    1. Wa’alaikum salam wr wb.
      Ibu Hajah Sri Wilujeng yang baik, syukur alhamdulillah, kami ikut senang membaca bahwa anak perempuan Panjenengan sudah hamil 8 bulan. Mudah-mudahan Allah mudahkan persalinannya, dan beliau diberi anak yang saleh/salehah, sehat dan berbakti kepada kedua orangtua dan kakek-neneknya.
      Semoga doa Al-Baha’, dan doa-doa mustajab, dan amalan Anda sekeluarga selalu diberkahi Gusti Allah SWT.
      Wa’alaikum salam wr wb.

      Like

  11. assalamualaikum ustad’ saya mau tanya ada wirid khusus tdk agr hajat ane terkabul mohon pencerahaan nhya

    Like

  12. Assalamualaikum wr.wb.. ustadz sy ud terpisah dgn kekasih sy tpi entah knp knp hati kami yakin kalau suatu saat nnti sy akn bertemu lagi dalam naungan pernikahan.. mohon doanya ustadz agar keyakinan kami tdk salah.. dn smoga kami di pertemukan dlm naungan pernikahan
    .. ijin jg ustadz untuk mengamalkan doax diatas..

    Smoga pak ustadz jg di berikan kesehatan lahir batin….. wassalam

    Like

    1. Wa’alaikum salam wr wb.

      Terima kasih atas doa untuk saya, dan silakan mengamalkan doa tsb di atas.

      Semoga Allah segera kabulkan niat Anda, dan menjadikan pernikahan itu nantinya sebuah perkawinan yang membawa kebahagiaan dunia akhirat.

      Like

  13. Assalamualaikum ustadz,..qobiltu dan minta ijin mengamalkan smg berkah dunia dan akhirat dan semakin mendekatkan diri kepada Allah..

    Like

    1. Wa’alaikum salam wa rahmatullah wa barokaatuh.

      Ya, Mas Kurniawan.

      Semoga Allah menjawab doa kita, mengabulkan semua hajat / niat baik kita, membantu kita agar makin dekat dengan-Nya, dan memberkahi kita beserta seluruh keluarga kita, orang-tua, anak-anak dan lainnya. Ilaahi Yaa Kariim.

      Like

  14. Assalamualaikum pak Ustadz Syafiq mohon ijinnya agar saya Bu Hj Sri Wiludjeng tetap mengamalkan doa/wirid yang pak Ustadz ajarkan kepada saya, karena doa/wirid tersebut sudah merasuk kedalam jiwa saya dan saya merasa kurang lengkap sholat saya tanpa doa/wirid tersebut.Makasih, wassalam.

    Like

    1. Wa’alaikum salam wr wb.
      Monggo, Bu Hajjah Sri Wilujeng, silakan, dengan senang hati. Saya juga ikut gembira apabila apa yang dibagikan (share) di blog ini bermanfaat bagi kita.
      Alhamdulillah. Semoga Allah terus tiada hentinya memberikan rahmat, inayah dan nikmat-Nya pada kita di masa mendatang, sebagaimana Dia telah memberikan semua itu pada waktu-waktu yang telah lalu.

      Like

  15. Assalamualaikum Pak Ustadz Syafiq, saya Hj.Sri Wiludjeng menghaturkan banyak terima kasih atas bimbingan doa dari pak Ustadz yang saya amalkan selama 11 bulan dan sekarang Alloh telah mengabulan semua permohonan saya. Semoga Alloh membalas kebaikan Pak Ustadz dengan keberkahan hesehatan dan panjangan umur amin

    Like

    1. Wa’alaikum salam wr wb. Syukur alhamdulillah Bu Hajah Sri Wilujeng. Saya ikut senang karena hajat Panjenengan sudah terkabul. Terima kasih juga untuk doa Bu Hajah kepada saya. Semoga Allah SWT juga selalu melimpahkan rahmat dan berbagai kebaikan kepada Panjenengan dan keluarga.

      Like

  16. Terima kasih saya sampaikan pada Yth Bpk Ustadz Syafiq Basri atas bimbingan untuk mengamalkan doa-2 sehingga Alhamdulillah atas izin Alloh semua permohonan saya telah terkabul

    Like

  17. Mohom ijn amalkan dn bantu dgn doa krn sy inggin mnikah tapi blm py biaya dan bru pndktan dgn dinda patrik sondak.dan alhamdulillah dinda dulu nasrani skrang sudah jdi muallaf.mf pk sy jg mnta ba ntuan doa agar orang yg mnzolimi sy mndapat balasan dai alloh.krena dia tidak hanya zolim suara ttapi sudah smpai meludahi muka sy dan memukul kpala sy dari belakan didepan orang lain.trm ksh wassalam muallaiku

    Like

    1. Wa’alaikum salam wr wb.
      Semoga Allah SWT bantu memudahkan semua urusan Mas Guntur, melindungi dari segala makhluk yang jahat baik manusia, jin dan lain-lainnya; Semoga Allah memberi jalan keluar, dan mengabulkan semua hajat yang baik (dan ikhlas) yang ada pada diri Mas Guntur. Banyaklah bersedekah, membantu mereka yang membutuhkan, dan perbanyak membaca solawat kepada Nabi SAW dan keluarganya yang suci; Allahumma solliy ‘alaa (Sayyidina) Muhammad wa ‘alaa aali (sayidina) Muhammad. Amiiin, Ilaahi Yaa Kariim.

      Like

      1. ass pa,bagaimana doanya untuk kartu undangan pernikahan agar tamunya yg datang berkah.terima ksh sbelumnya

        Like

      2. Wa’alaikum salam wr wb.
        Doa apa saja, sepanjang dipanjatkan dengan hati yang ikhlas inshaAllah akan mustajab. Tuhan SWT berjanji, “ud’uuni astajib lakum”, yang artinya kurang-lebih: mintalah kepadaKU (atau panggillah Aku), maka Aku akan menjawab padamu.

        Namun, tentu saja sebuah doa yang dipanjatkan Nabi saw ketika menikahkan satu-satu putrinya, Siti Fatimah (as), dengan Sayidina Ali bin Abithalib, jelas merupakan doa terbaik yang bisa kita teladani.

        Baik juga digembirakan suasana pernikahan itu dengan lagu-lagu yang memuji Nabi saw seperti yang berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=Vqfy4ScRXFQ

        Semoga Allah jadikan pernikahan keluarga Bunda itu membawa keberkahan dan kebahagiaan dunia akhirat bagi kedua mempelai. Ilaahi Yaa Kariim.

        Like

Silakan Beri Komentar