RSS

Survei yang Dipalsukan – Catatan GM

28 Jun

PALSU

Goenawan Mohamad

 

Malam ini saya membaca satu pesan: menurut Gallup Poll yang disiarkan CNN, Prabowo – Hatta (“Prahara”) telah mengungguli Jokowi – Kalla (“Jk-JK”). Disebut “A 54% majority thinks Prabowo. Versus 41% Choosing Joko Widodo”. 

Berita ini disiarkan republika.online dan ada teman yang melihat TVOne juga memberitakannya.

Ternyata, sejumlah orang yang kritis dan teliti menemukan bahwa Gallup Poll itu memalsu hasil poll di AS menjelang kemenangan Obama, bertanggal 16 Juni 2008. Asal berita, “Princeton, N.J.” diganti jadi JAKARTA.

Jokowi dan Obama: data yang dipalsukan?

Jokowi dan Obama: data yang dipalsukan?

 

Nama OBAMA diganti dengan Prabowo. Nama McCAIN diganti dengan Joko Widodo.Tapi si pemalsu ceroboh. Di akhir paragraf kedua masih ada kalimat yang luput diganti: “independents join Prabowo in believing Obama will win.” 

“…pemilih independen bergabung dengan Prabowo karena yakin OBAMA akan menang.”

Menggelikan. Menyedihkan.

Halaman ini merupakan copy tulisan budayawan Goenawan Mohamad sebagaimana dimuat di Merdeka. Com, 25 Juni 2014 lalu. (Foto-foto dari saya, pemilik blog ini).

Setelah memalsu akun orang di Twitter (milik Rosiana Sillahi), memalsu gambar T-shirt Iwan Fals, memalsu riwayat hidup Jokowi — dikatakan keturunan Cina, dan beragama Kristen — kini memalsu berita CNN dan hasil poll Gallup. Politik memerlukan kecerdikan, kadang-kadang kelicikan, tapi saya belum pernah menyaksikan tingkat pemalsuan yang seperti sekarang.

Berita survei Gallup yang dipalsukan itu

Berita survei Gallup yang dipalsukan itu

Jika cara begini ternyata menang, teknik keji ini akan ditiru para politisi kelak. Politik akan penuh racun. Masa depan anak-anak kita akan kehilangan politik yang sehat untuk menyelenggarakan kehidupan masyarakat.

Masa depan, masa generasi mereka, akan penuh syak wasangka.

 

Menyedihkan bahwa untuk kedudukan yang lamanya hanya lima tahun saja, orang siap mengorbankan sekian puluh tahun di depan. Menghalalkan semua cara.

 

Fitnah dan pemalsuan adalah bentuk lain dari kekerasan. Bukan kekerasan fisik, tapi kekerasan terhadap norma sosial, terhadap akal sesama, dan terhadap orang yang jadi korban. Hari ini korbannya Joko Widodo. Kelak….

Baca juga:
Advertisements
 
 

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: