RSS

Waah…Inilah ‘Demo’ Terbesar di Dunia

11 Nov

Mengapa banyak yang tidak tahu bahwa ada 20 juta lebih umat Islam berkumpul, seolah ‘demo’, pada setiap 20 Safar? Sebab berita baik seperti itu tidak menarik bagi media ‘anti Islam’. Sebab mereka menganggap, kejadian yang punya ‘nilai berita’ tinggi hanyalah kejadian teror, kekerasan dan kejadian negatif lain. 

Pelantikan (inagurasi) Presiden Barack Obama (20 January 2009), sebagai presiden AS kulit hitam pertama (presiden AS ke-44) dihadiri 1,8 juta orang, Perkawinan Prince William dan Catherine Middleton (29 April 2011) dihadiri dua juta orang: satu juta berkumpul di London, dan sejuta lainnya di luar istana Buckingham. 

Obama setelah menang pemilu: 1,8 juta orang

Obama setelah menang pemilu: 1,8 juta orang

Kedua peristiwa yang ditayangkan oleh media massa secara gegap gempita ke seluruh dunia itu memang jarang terjadi. Itulah dua di antara gathering besar di dunia, ketika jutaan orang berkumpul bersama-sama  secara damai. Tapi mengapakah ketika lebih dari 20 juta orang berkumpul, sebagai ‘demo’ (gathering) rakyat terbesar di dunia, kurang mendapat perhatian dari media dunia?

Ini cerita mengenai hal itu.

Peristiwa berkumpulnya manusia sebanyak itu terjadi setiap tanggal 20 Safar, dan dikenal dengan Arba’in (arbaeen) — yakni peringatan 40 hari (terhitung dari Hari Asyura, 10 Muharram), ketika cucu baginda Nabi saw, Al-Husain (as) bin Ali bin Abithalib (as) gugur sebagai syahid pada Asyura 61 H (bertepatan dengan 10 Oktober 680 M) di Karbala, bagian kekuasaan Bani Umayyah di Mesopotamia. Usia Al-Husain (as) saat itu adalah 55 tahun.

Sejarah mencatat bahwa, belum pernah ada lebih dari 20 juta orang berkumpul bersama secara damai seperti yang terjadi saat peringatan Arba’in itu. Dari tahun ke tahun, jumlah mereka terus meningkat. [Baca juga Wikipedia mengenai ‘Daftar Kumpulan Manusia Terbanyak di Dunia’ (List of Largest Peaceful Gatherings)].

Tahun 2017 ini diperkirakan jumlah mereka lebih dari 30 juta orang. Koran AS, The Washington Post (AS) menulis jumlah peziarah yang datang ke Karbala (80-an km di selatan Bagdad) pada 9 November 2017 lalu berjumlah 13 juta, tapi banyak media yang mengatakan jumlah mereka mencapai hingga 40-an juta.

Saksikan video prosesi Arba’in 2017 lalu (sekitar 2 menit):

Menurut Sayed Mahdi al-Modarresi (di The Huffington Post), seharusnya Arba’in tercatat dalam buku Guinness Book of World Records dalam berbagai kategori. “Selain merupakan kumpulan manusia terbesar di dunia, di situ juga ada barisan sediaan makanan terpanjang, kelompok relawan terbesar yang berkumpul untuk melayani sebuah event, dan jumlah terbanyak manusia yang mendapatkan makanan secara gratis — semuanya di bawah ancaman munculnya bom bunuh diri,” tulisnya pada tahun 2014 lalu, sebagaimana dikutip oleh harian Independent, Inggris.

Arbain pada 21 November 2016 lalu, sebagaimana dilaporkan media Euronews melalui video 55 detik berikut ini:

 

Dalam memeringati Arba’in, biasanya para peziarah berjalan kaki sejauh 90-an km dari Najaf ke Karbala. Di sepanjang perjalanan itu mereka mendapatkan sejumlah layanan dari para relawan, mulai dari makan dan minuman gratis, pengobatan, hingga pijat.  Ratusan ribu penduduk lokal di sepanjang perjalanan itu berebutan ingin melayani ‘para tamu Al-Husain’, demi mendapatkan doa dan berkah dari Tuhan, karena Husain (sebagaimana dikatakan dalam hadis Nabi saw) adalah ‘Penghulu Pemuda Surga’. Bagi mereka yang lelah, penduduk juga menyediakan rumah mereka untuk dipakai istirahat — juga secara cuma-cuma.

Dari tahun ke tahun, jumlah peziarah peringatan Arba’in terus bertambah, khususnya sejak tumbangnya Saddam Husein tahun 2003 lalu. Selama 30-an tahun masa Saddam berkuasa di Irak, ia melarang rakyat memperingati acara ‘Arbain di Karbala, karena diktator itu takut jutaan rakyat yang berkumpul itu mendapat semangat menggebu-gebu untuk menumbangkannya, sebagaimana Imam Husain (as) dulu memerangi penguasa tiran dan diktator, Yazid bin Muawiyah yang (anehnya) mengklaim bahwa dirinya sebagai ‘pemimpin kaum beriman’, Amirul Mukminin).

Saksikan video singkat (3 menit) yang menggambarkan tentang Arba’in pada tahun 2014 silam:

 

Bersambung ke tulisan berikutnya: “Gila, 20 Juta Muslimin Kumpul di Irak

 

Baca juga (related articles):

Advertisements
 
 

Tags: , , , , , ,

One response to “Waah…Inilah ‘Demo’ Terbesar di Dunia

  1. hikmahyahya

    23/12/2013 at 11:14 pm

    Reblogged this on alwayshikmah.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: