5 Nasihat tentang Pemberian


Ketika engkau dalam posisi untuk membantu seseorang (karena ada yg minta bantuan atau pun tidak diminta), maka bergembiralah; karena itu berarti Allah menjawab doa orang itu melalui dirimu.

Lalu, sebuah nasihat dari Imam Ali bin Abithalib as mengatakan: ‘Jangan malu memberi sedikit, sebab selalu ada kebaikan dalam pemberian sekecil apa pun ia.’

 

 

Uang - Imam Husain as
Uang adalah teman yang aneh: ia baru bermanfaat bagimu ketika sudah meninggalkanmu. (Imam Husain as)
Give a Little - Ali as
Jangan malu memberi (bersedekah) meski hanya sedikit; karena selalu ada kebaikan dalam pemberikan, sekecil apa pun. (Imam Ali bin Abithalib as)
Kekayaan - Ali as
Kekayaan membuat orang asing serasa berada di kampung halamannya, sedang kemiskinan menjadikan orang serasa berada di tempat yang asing. (Imam Ali as).
Justice - Ali as
Berikan pada saudaramu pengorbanan darah (nyawa) dan harta, dan untuk musuhmu perlakukan dia dengan keadilan; dan untuk orang banyak berikan kegembiraan dan hal-hal yang menyenangkan. (Imam Ali as)
Sedekah sblum mati - Ali as
Hendaknya kalian berusaha membebaskan leher kalian dari hutang, tundukkan mata, kuruskan badan, melangkahlah, belanjakan uangmu untuk manfaat diri sendiri (sedekahkan – red), dan jangan pernah menyesalinya, karena Allah Yang Maha Agung mengatakan: Jika kamu membantu di jalan Allah, Dia (juga) akan membantumu, dan meneguhkan-pasti langkahmu…    *Imam Ali as, khutbah no. 182.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: