RSS

60 Hadis Keutamaan Ahlul Bait – 2

11 Jun

Selanjutnya, hadis-hadis yang lain adalah sebagai berikut ini. (Selengkapnya, lihat 60 Keutamaan Ahlul Bait – bag. 1 tulisan ini):

HADITS 25
Al-Bazzar meriwayatkan dari ‘Abdullah bin Zubair Ra bahwa Nabi Saww bersabda : “Perumpamaan Ahlul Baytku ibarat bahtera Nuh. Barangsiapa berlayar dengannya dia akan selamat dan barangsiapa meninggalkannya dia akan tenggelam”.

Ahlul Bait Nabi saw - ibarat perahu Nabi Nuh

Ahlul Bait Nabi saw – ibarat perahu Nabi Nuh

HADITS 26
At-Thabrani meriwayatkan dari Abu Dzar Ra, (ia berkata): aku mendengar Rasulullah Saww bersabda : “Perumpamaan Ahlul Baytku diantara kamu ibarat bahtera Nuh diantara kaumnya. Barangsiapa ikut berlayar bersamanya dia akan selamat dan barangsiapa yang enggan dan terlambat dia akan binasa. Dan perumpamaan Ahlul Baytku diantara kamu seperti pintu pengampunan Bani Israil”.

HADITS 27
At-Thabrani meriwayatkan dalam Al- Awsath dari Abu Sa’id Al Khudri Ra (ia berkata) : aku mendengar Rasulullah Saww bersabda : “Perumpamaan Ahlul Baytku laksana bahtera Nuh As. Barangsiapa menaikinya dia akan selamat dan barangsiapa meninggalkannya dia akan tenggelam. Dan perumpamaan Ahlul Baytku diantara kamu seperti pintu pengampunan diantara Bani Israil. Barangsiapa memasukinya maka dosa-dosanya akan diampuni”.

HADITS 28
Ibnu Najjar dalam tarikhnya meriwayatkan dari Hasan bin ‘Ali Ra, ia berkata : Rasulullah Saww bersabda :
“Setiap segala sesuatu mempunyai azas dan azas Islam adalah kecintaan kepada shahabat Rasulullah dan Ahlul Baytnya”.

HADITS 29
At-Thabrani meriwayatkan dari ‘Umar Ra bahwa Rasulullah Saww bersabda : “Setiap putra seorang perempuan bergabung nasabnya kepada ashabahnya (keluarganya dari pihak ayah) kecuali keturunan Fatimah Ra, akulah ashabah mereka dan Akulah ayah mereka”.

HADITS 30
At-Thabrani meriwayatkan dari Fatimah Az-Zahra As, beliau berkata bahwa Rasulullah Saww bersabda :
“Setiap putra ibu akan bergabung dalam nasabnya kepada ashabahnya kecuali anak-anak Fatimah, Akulah wali mereka dan Akulah ashabah mereka”.

HADITS 31
Al-Hakim meriwayatkan dari Jabir Ra, ia berkata : Rasulullah Saww bersabda : “Setiap putra ibu memiliki ashabah yang mereka dinisbatkan kepadanya kecuali kedua putra Fatimah, Akulah wali mereka dan Aku adalah ashabah mereka”.

HADITS 32
At-Thabrani meriwayatkan dalam Al- Awsath dari Jabir Ra bahwa ia mendengar ‘Umar bin Al Khaththab Ra mengatakan kepada orang-orang ketika ia menikah dengan salah seorang putri ‘Ali Ra, Tidaklah kalian mengucapkan selamat atasku..?, aku mendengar Rasulallah Saww bersabda : “Akan terputus pada hari kiamat semua sebab dan nasab (keturunan) kecuali sebabku dan nasab yang bersambung denganku”.

HADITS 33
At-Thabrani meriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas Ra, ia berkata : Rasulullah Saww bersabda : “Semua sebab dan nasab akan terputus pada hari kiamat kecuali sebab dan nasab yang bersambung denganku”.

HADITS 34
Ibnu ‘Asakir dalam Tarikhnya meriwayatkan dari Ibnu ‘Umar Ra, ia berkata bahwa Rasulullah Saww bersabda :
“Semua hubungan nasab dan shihr (per-iparan, kerabat dari hubungan perkawinan) akan terputus pada hari kiamat, kecuali nasab dan shihr-ku”.

HADITS 35
Al-Hakim meriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas Ra, ia berkata bahwa Rasulullah Saww bersabda :
“Bintang-bintang adalah petunjuk keselamatan bagi penghuni bumi dari bahaya tenggelam dan Ahlul Baytku adalah penyelamat umatku dari bahaya perselisihan dan perpecahan (dalam urusan-urusan agama). Bila salah satu dari qabilah menyeleweng dan menentang niscaya mereka akan bercerai berai dan menjadi kelompok iblis”.

HADITS 36
Al-Hakim meriwayatkan dari Anas Ra, ia berkata bahwa Rasulullah Saww bersabda :
“Tuhanku menjanjikan untuk Ahlul Baytku, barangsiapa dari mereka yang mengakui ke-Esaan (Allah SWT) dan menyaksikan bahwa aku telah menyampaikan risalah, ia tidak akan menyiksa mereka”.

HADITS 37
Ibnu Jarir meriwayatkan dalam tafsirnya dari Ibnu ‘Abbas Ra pada firman Allah SWT… :
“Dan kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, lalu (hati) kamu menjadi puas (QS:93:5), ia berkata : “Diantara kepuasan Muhammad Saww adalah agar tidak seorangpun dari Ahlul Baytnya masuk kedalam api neraka”.

HADITS 38
Diriwayatkan oleh Al-Bazzar, Abu Ya’la, Al ‘Uqaili, At-Thabrani dan Ibnu Syahin dalam As-Sunnah dari Ibnu Mas’ud Ra, ia berkata bahwa Rasulullah Saww bersabda : “Sesungguhnya Fatimah telah menjaga dirinya oleh karena itu Allah SWT mengharamkan keturunannya atas api neraka”.

HADITS 39
At-Thabrani meriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas Ra, ia berkata : Rasulullah Saww berkata kepada Fatimah As :
“Sesungguhnya Allah SWT tidak akan menyiksamu dan anak cucumu”.

HADITS 40
At-Turmudzi meriwayatkan sebuah Hadits dan ia menggolongkannya Hadits ini Hasan dari Jabir Ra, ia berkata : Rasulullah Saww bersabda : “Wahai manusia, sesungguhnya aku telah tinggalkan padamu apa yang mencegah kamu dari kesesatan selama kamu mengambilnya (berpegang teguh dengannya) yaitu ; Kitabullah dan ‘Ithrahku Ahlul Baytku”.

Selanjutnya, lihat 60 Keutamaan Ahlul Bait – bag. 3

 

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on 11/06/2015 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: