RSS

Rumah Kontrakan – Pesan Imam Ali as

18 Aug

Seorang sahabat heran melihat tempat tinggal Khalifah Ali bin Abithalib as yg sangat sederhana. Nyaris tidak ada perabotan di rumah itu. Terjadi percakapan singkat antara keduanya yg kira2 begini bunyinya:

“Mengapa tidak ada perkakas di rumah Anda, Wahai Amirul Mukminin? (Padahal wilayah kekuasaan khalifah saat itu sekitar 1/4 dunia, mulai sebagian Asia, Timur Tengah, hingga sebagian Afrika).

“Ada. Tapi tidak di sini. Aku menyiapkan perabotan untuk rumahku yang satu lagi,” begitu kira2 jawaban Sang khalifah ke-4 itu.

Dua jalan setelah kematian

Dua jalan setelah kematian

Seorang ustadz menjelaskan maksud pembicaraan itu, yakni bahwa yang disiapkan Imam Ali as adalah perkakas dan perlengkapan di rumah akhirat.

Kata Ustadz, “ibarat Anda mengontrak rumah selama 10 tahun, lalu Anda selalu merawat dan mempercantik rumah itu. Sementara sebenarnya Anda punya rumah di tempat lain yang sudah usang; lapuk, tak pernah Anda tengok.”

Lalu, Ustadz melanjutkan, “Tak terasa waktu kontrak yang 10 tahun habis; yang empunya rumah datang menyuruh Anda pergi. Tapi, betapa menyesalnya Anda ketika harus kembali ke ‘Rumah Asli’ milik Anda sendiri, yang terbengkalai karena tak pernah Anda urus.”

Itulah makna kematian, kata ustadz. Bagi yang tidak pernah menyiapkan rumahnya di ‘sana’, maka kematian sungguh menyeramkan. Tetapi sebaliknya, bagi yang menabung untuk Rumah Abadi-nya, maka kematian akan menjadi indah; bahkan dinanti-nantikan.

Mereka itu agaknya yang memahami makna sejati kalimat: “inna lillahi wa inna ilaihi raaji’uun.”

Advertisements
 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: