RSS

Apa Beda Kaya dan Miskin?

13 Jul

Ini adalah tentang kaya dan miskin, tentang ‘mutu’ amal perbuatan mereka di depan Tuhan Yang Adil.

Tuhan menciptakan kalian, “untuk menguji siapa di antara kalian yang ‘lebih baik’ amalnya (ahsanu amala)”. Menurut Prof.Quraish Shihab (Tafsir Misbah, Metro TV), hal itu menjelaskan bahwa yang diukur adalah kualitas (mutu, baik tidaknya), bukan banyak (kuantitas)-nya.

Maka, katanya, kita harus berkumpul dengan mereka yang baik-baik, agar bisa meraih status ‘lebih baik’ dari yang baik (di mata Allah). Jelas saja, kalau kumpulnya dengan mereka yang buruk, jelas saja kita akan ‘baik’. Ya gak?

Barangkali boleh kita tambahkan: So, we should be better than good people. Para Imam keluarga (Ahlul Bait) Nabi SAW, menyatakan, ‘pengikut kami harus lebih baik dari sekian ribu orang lain di sekitarnya.’

Kemudian, bicara soal kualitas dan kuantitas ini, kita jadi berpikir bahwa Tuhan memang sangat adil. Bayangkan kalau yang jadi ukuran adalah kuantitas (banyaknya) amal, maka orang kaya bisa lebih banyak beramal (misalnya bersedekah, berderma, dan sebagainya), dalam jumlah yang jauh lebih banyak daripada yang bisa dilakukan orang miskin.

Tetapi tidak begitu. Bagi Tuhan, yang diuji dari ‘amal’ kita adalah baik-buruknya, ikhlas-tidaknya; dan apakah misalnya setelah beramal lalu si pelaku mengungkit-ungkit perbuatannya, dan sebagainya.

Membantu yang membutuhkan: menguji kualitas amal...

Membantu yang membutuhkan: menguji kualitas amal…

Saya jadi ingat salah satu contoh keteladanan soal ‘lebih baik’ atau menjadi excellent ini dari peristiwa yang terjadi pada keluarga Nabi SAW yang suci, yakni anak beliau, Siti Fatimah (as), suami dan anak-anak beliau, Al-Hasan dan Al-Husain (‘alaihim as-salaam). Kisahnya tentang “3 Tamu Fatimah (as)”, bisa disimak pada tautan (link) ini.

Masuk Surga Bukan Karena Amal?

Berkaitan dengan ini, silakan baca juga artikel mengenai “mutu amal” ini — sehingga seorang teman berpendapat bahwa, kita masuk surga bukan karena amal kita, melainkan karena rakhmat dan maghfirah Allah semata. Ini artikelnya: Shakilah.

Semoga bermanfaat.

Advertisements
 
3 Comments

Posted by on 13/07/2013 in Artikel di Media

 

3 responses to “Apa Beda Kaya dan Miskin?

  1. hayyaaherbalism

    15/07/2013 at 5:00 pm

    Ajiiib Ami Syafiq Saya Absen hadir ngikuti tulisan Ami 🙂

     
  2. moreta999

    14/07/2013 at 9:40 pm

    teduhhhh artikel yang tidak boleh dilewatkan-jadi prioritas untuk dibaca–lalu siapa yang kaya dan siapa yang miskin—mari kita pilihh kaya hati atau kaya harta (ada di tulisan saya di blog ini) sedikit sih–karena belum link feelnya

     
  3. escetama@yahoo.com

    13/07/2013 at 10:18 pm

    Terimakasih Broer Syafiq atas kiriman2nya. Sy selalu ikuti.artikelnya.
    Powered by Telkomsel BlackBerry®

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: