RSS

Burung yang Berusaha Memadamkan Api Namrud

27 Sep

Burung kecil kepingin memadamkan api yang hendak membakar Nabi Ibrahim (as). Api yang menyala-nyala itu disiapkan Raja Namrud untuk menghukum Ibrahim, bapak para Nabi.

Burung itu berparuh kecil. Badannya juga mungil. Namanya Bulbul. Tetapi, meski kecil, ia burung yang tidak mudah putus asa. Ia terbang mencari air ke lautan.  Paruh mungilnya menampung sedikit air.

Lembaran Al-Qur’an – diperkirakan dari abad 8 atau 9 -Mekah atau Madinah

Dari ketinggian, ia menyiramkan air itu ke api yang berkobar  – yang di dalamnya ada Ibrahim, sang Khalilullah, itu. Secuil air dari paruh mungil hendak memadamkan api yang tengah menyala-nyala?

Karuan saja berbagai hewan, pohon dan tetumbuhan menertawakan ulah Bulbul kecil. Mana mungkin memadamkan nyala api unggun hanya dengan beberapa tetes air dari kejauhan?

Tapi ia tidak putus asa. Burung kecil terus berusaha… Bolak balik ia pergi ke laut, menciduk air lagi, dan menuangkannya ke atas api unggun.

Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang (kaligrafi Bismillah dalam bentuk burung)

Saya membaca kisah di atas (dan sedikit memodifikasinya) dari salah satu tulisan Dr Jalaluddin Rakhmat.

Mengutip kisah sufistik itu dari tulisan Jalaluddin Rumi (penulis kitab ‘Matsnawi’), Kang Jalal melanjutkan kisahnya bahwa ketika mendengar cemoohan hewan dan pepohonan itu, burung Bulbul kecil berkata:

“Aku tahu aku tidak akan bisa memadamkan api Namrud ini.  Tetapi aku ingin Allah mencatat aku sebagai makhluk-Nya yang telah berusaha untuk memadamkan api itu…”

Kisah Bulbul kecil mengajar kita, cara melakukan kebaikan secara ikhlas. Di antaranya adalah bahwa, tidak ada amal yang ‘kecil’ di hadapan Yang Maha Besar – sepanjang itu dilakukan dengan ikhlas.

Sekecil apa pun (hal itu) dalam pandangan makhluk, tetap saja sebuah perbuatan ada nilainya di hadapan Sang Khalik.

Kita lalu jadi ingat, bahwa Dia menegaskan,

“Barang siapa beramal baik sekecil dzarrah maka ia akan melihat (ganjaran)-nya. Dan barang siapa berbuat jelek sekecil dzarrah, ia pun akan menyaksikan (balasan)-nya.” (Catatan: Dzarrah itu kira-kira bisa diterjemahkan sebagai ‘atom‘, atau yang lebih kecil dari itu…)  

Karena Allah Maha Adil, maka semua perbuatan pasti dibalas: yang baik, atau pun yang buruk. Dan karena Allah itu Maha Baik, ya betapa baiknya Tuhan…  maka amal sekecil apa pun bisa dibalasnya secara tidak terhingga – wa huwa ‘alaa kulli syai-in qadiir, dan Dia Dapat Berbuat Apa pun yang Dikehendaki-Nya.

Dark-capped Bulbul (Pycnonotus barbatus tricolor)

Burung Bulbul (Dark-capped Bulbul, Pycnonotus barbatus tricolor)

Boleh jadi amal serupiah, akan dibalasnya dengan 700 rupiah, atau tujuh juta, atau tujuh trilyun (Note: Kalau saya tulisnya Rp.6,7 Trilyun, saya kuatir Anda jadi ingat kasus Bank Century).

Tidak ada yang bisa membatasi-Nya, karena Dia tidak terbatas. Tidak ada yang bisa mengatur-Nya, karena Dialah yang Maha Pengatur, dan sang Pemberi Rejeki yang Maha Pemurah.

Burung kecil juga mengajarkan, kata Kang Jalal, “jangan pernah berputus asa pada rahmat Allah karena yang dilihat adalah usaha, keyakinan dan keikhlasan kita… bukan hasil akhir.”

Advertisements
 
 

Tags: , , , ,

3 responses to “Burung yang Berusaha Memadamkan Api Namrud

  1. Luthfiy

    29/10/2016 at 10:00 pm

    Menginspirasi.. Kalau boleh saya berbagi info saya pernah baca bahwa bubul itu burung kutilang.. Hmm..

     
  2. Hassan Wijayakusuma

    27/09/2012 at 6:29 pm

    SųϐhαπαLL ∕̴ƖƗƗ♡ ωαlhαmduliLL∕̴ƖƗƗ♡ ωαlαα ȋlααƗƗαȋlαLL∕̴ƖƗƗu♡ ∕̴ƖLL∕̴ƖƗƗU ∕̴ƖKϐ∕̴ƖR. Semoga si bulbul jadi motivasi kita, berbuat baik dg usaha yg ikhlas. I∏SỲɑ̈ ƋLLǍН̣̇ rahmat Allah tdk akan terlepas dr kita..

     
    • Syafiq Basri

      28/09/2012 at 2:48 am

      Amiiin Ya Robbal ‘Aalamiin.. Terima kasih banyak, Kang Hassan.

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: