RSS

Kalau Kita Jadi Buah…

23 Mar

Jadilah Seperti…

  • Duren. Ini bukan singkatan ‘duda keren’, tapi maksudnya durian. Walau kulit luarnya tajam, tetapi isi duren lembut dan manis. Jangan menjadi kedondong, luarnya mulus, rasanya agak asem dan di dalamnya ada biji yang berduri.
  • Jagung (corn), bukan jambu monyet. Jagung membungkus bijinya yang banyak, sedangkan jambu monyet memamerkan bijinya yang cuma satu-satunya. Jangan pamer (sombong), kecuali kalau sedang berpameran.
  • Pohon pisang (banana tree). Pohon pisang kalau berbuah hanya sekali, lalu mati. Kesetiaan dalam pernikahan.

  • Bengkoang. Meski hidup dalam kompos sampah, tetapi isi (umbi) bengkoang putih bersih. Maksudnya: ‘jagalah hati, jangan kau nodai.’
  • Padi (paddy, rice). Sejak lama pepatah kita mengajarkan agar menjadi seperti padi: makin berisi, makin merunduk. Makin tinggi ilmu seseorang, lazimnya ia makin rendah hati, tidak angkuh.
  • Cabai (chili). Makin tua makin pedas, makin tua makin bijak, makin bermakna.
  • Pohon kelapa (coconut tree). Siapa tah kenal kelapa? Ia buah yang serba guna. Kelapa tidak bisa ‘dicangkok’, artinya tidak bisa di-‘manipulasi’.

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Jadilah seperti tandan petai (pete): ia membagi makanan sama rata ke biji petenya, semua seimbang. Jangan jadi seperti rambutan: ada yang kecil ada yang besar — tidak adil.
  • Manggis (manggoesteen). Bisa ditebak isinya dari bagian belakang buahnya. Maknanya: jujurlah, jangan menyembunyikan sesuatu. 🙂
  • Terakhir, jadilah bagai buah nangka. Selain buahnya manis (tapi kadang bikin kembung bagi yang kurang cocok), nangka memberi getah kepada yang memakannya. Artinya berikan kesan (yang baik) kepada semua yang dekat kita.

Kalau tidak bisa menjadi ibarat buah, setidaknya makanlah buah (dan sayur). Sebab ia mengandung vitamin, mineral dan banyak serat (fiber) yang sangat menyehatkan. Anak-anak di SD Australia diajarkan sering mengonsumsi apel. Kata gurunya,“one apple a day keeps the doctor away.” (Makan) satu butir apel sehari, akan menjauhkan dokter dari kita. Maksudnya karena sehat, tidak perlu mengunjungi dokter.

Green coconuts

Kelapa hijau : tak bisa di-manipulasi (image from wikipedia)

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on 23/03/2012 in Jokes

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: